Rabu, 28 September 2011

Software Gratis for Windows (Mencoba Beralih ke Freeware)

Uoftware Gratis for Windows (Mencoba Beralih ke Freeware). Secara umum berdasarkan Public-Rights-of-Use, Software Aplikasi yang didukung oleh Operating System Windows ada 2 yaitu Free Software (Freeware) alias gratis dan  Commercial Software (Licensed) atau berbayar yaitu software yang sengaja dikembangkan untuk mendapatkan keuntungan finansial.
Dari sekian banyak komputer yang kita jumpai hampir semua menggunakan Operating System Windows. Pemakaian OS Windows memang menawarkan banyak kemudahan terutama pada begitu banyaknya software aplikasi yang didukung Windows. Namun disisi lain terbatasnya ketersediaan Aplikasi Freeware yang didukung Windows terkadang “memaksa” kita untuk menggunakan Commercial Software (Lisenced) baik yang “Trial Version” maupun “Full Version“. Padahal Sebenarnya cukup banyak Freeware Aplikasi yang didukung oleh Windows yang bisa coba kita gunakan.
Berikut beberapa Software Gratis (Freeware) untuk OS Windows yang bisa coba kita gunakan untuk menggantikan Software berbayar :
NO
Licensed Software
Kegunaan/Kategori
Alternatif Freeware
1
3DSMAX Animasi 3 Dimensi Blender
2
ACDSee Image Browser Faststone Image Viewer, IrfanView
3
Adobe Dreamweaver WEB Design NVU
4
Adobe Photoshop Image Editor GIMP, Paint.net
5
Autocad CAD (Computer Aided Design) QCAD, DoubleCAD
6
Clipmate Multi Clipboard Ditto
7
Corel Draw Vector Image Editor InkScape
8
Download Accelerator Plus Downloader OrbitDownloader
9
Internet Download Manager Downloader OrbitDownloader
10
GoodSync File Backup SyncBack
11
IconStudio Icon Maker IcoFX
12
Microsoft Office Office Open Office
13
Microsoft Visio Diagram Maker Dia
14
Nero CD Burner CD, DVD Burner CDBurnerXP
15
Smart FTP File Transfer Protocol for Client FileZilla, LiteCoreFTP
16
Total Commander File Manager FreeCommander
17
UltraEdit, EditPlus Multi Purpose Editor Notepad++, PSPad
18
WinSnap Screen Capture MWSnap
19
WinZip, WinRAR File Compressor, Archiver IZArc atau Pakai yang Freeware WinZip 7.0 atau WinRAR 3.00
20
Adobe Audition Audio Editor Audacity, Wavosaur, Traverso DAW
21
Cool Edit Pro Audio Editor Audacity, Wavosaur, Traverso DAW
22
Take5 Animation Stop Motion Stopmotion1
Mau tahu berapa Kecepatan Internet Anda? Gunakan Software Praktis Speedtest Internet. Dengan software ini Anda dapat melakukan Tes Kecepatan Koneksi Internet dengan Server manapun secara Akurat.
Software Speedtest Internet
Salah satu kendala dari pemakaian freeware saat ini sepertinya adalah kurang/tidak berkembangnya minat sebagian besar pengguna komputer aplikasi untuk menggunakannya termasuk juga dalam hal ini adalah Lembaga/Instansi, Dunia Usaha/Industri. Sebenarnya beberapa tahun yang lalu pemakaian Freeware atau Open Source sempat didengung-dengungkan namun kenyataannya tetap saja kalah dengan penggunaan OS  Windows (Produk Microsoft) beserta aplikasi-aplikasinya yang telah mengakar sejak lama sehingga seakan sudah menjadi suatu ketergantungan bahkan hampir disemua lapisan profesi. Selain itu sulitnya mencari Freeware alternatif untuk sebuah tuntutan aplikasi sepertinya juga menjadi kendala tersendiri bagi para pengguna Open Source atau Freeware.
Penyebab lainnya, mungkin karena kenyataan lapangan, untuk kategori yang sama hampir semua freeware masih kalah dalam kualitas unjuk kerja dan fasilitas yang diberikan dibandingkan dengan Software berbayar. Namun demikian sebenarnya tidak menjadi suatu masalah selama masih memenuhi Standar Minimal yang diharapkan.
Mudah-mudahan para pengembang Freeware dan Open Source atau Software Gratis semakin banyak dan produktif sehingga tidak kesulitan lagi mencari Alternatif dari Software berlisensi. Dengan demikian kita akan merasa lebih aman dan tenang menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar